METRO4D Togel Online

Cara Mengatasi Kabel USB Tidak Terdeteksi Di Laptop & Android "USB Device Not Recognized"

 


Dalam kehidupan sehari - hari penggunaan transfer data melalui kabel perangkat handphone ke perangkat Laptop atau PC sering kita lakukan. Hal itu pun sedikit banyak dapat membantu meringankan pekerjaan kita.

Namun bagaimana jadinya, apabila transfer data melalui USB tersebut terpaksa harus tertunda dikarenakan koneksi USB tersebut tidak terbaca atau terdeteksi oleh Windows.

Jangan panik dulu berikut adalah langkah - langkah untuk mengetahui apa penyebab dan bagaimana cara mengatasinya yang bisa anda ikuti :

Cara Mengatasi Kabel USB Tidak Terdeteksi / Terbaca

1. Periksa Kabel USB

Hal pertama yang harus kita lakukan yakni mengecek kondisi kabel USB itu sendiri dalam keaadaan yang masih ok atau sudah soak /rusak. Kabel yang sudah rusak biasanya ditandai dengan beberapa ciri :
  • Ujung kabel yang bengkok.
  • Beberapa bagian kulit dan serat kabel yang mulai mengelupas.
  • Apabila dibuat ngecas menjadi sangat lama atau bahkan sama sekali tidak bisa dibuat ngecas.
  • dll 
Jika kabel data anda msuk salah satu ciri - ciri diatas kemungkinan kabel tersebut sedang rusak, solusinya tentu saja dengan mengganti dengan kabel lain yang masih berfungsi normal tentunya, akan tetapi tetap usahakan kabel data yang original.

2. Periksa Driver USB pada Laptop Atau PC

Terkadang driver USB juga bisa menjadi salah satu faktor yang menentukan bisa tidaknya perangkat kita terdeteksi atau tidaknya pada perangkat Laptop atau PC kita. Lantas apa yang bisa kita lakukan untuk mengatasinya?

Yaitu dengan cara mengintall driver USB, atau cukup di perbaharui instalasi yang lama jika sudah terinstall, dengan di uninstal kemudian di install kembali dengan driver terbaru.

3. Periksa Port USB.

Apabila ternyata driver sudah di install, dan bahkan sudah diperbaharui akan tetapi tidak kunjung terdeteksi juga, bisa jadi dikarenakan port USB pada PC/Laptop kita yang memang sedang bermsalah.

Cara mengatasinya yakni, pastikan tidak ada kerusakan fisik pada port - port tersebut, coba pindah konektor USB dari satu port ke port yang lain.

4. Restart Windows

Jika ketiga cara diatas sudah dilakukan namun tetap tak kunjung bisa, solusi selanjutnya yakni dengan merestart windows anda, hal ini dikarenakan kemungkinan ada sistim pada windows sedang tidak berjalan dengan baik. Dan membutuhkan windows restart untuk menyempurnakan kembali kinerjanya.

5. Ubah Mode USB ke MTP

Nomor lima ini sebenarnya bukan merupakan hal yang dikarenakan kerusakan atau sebagainya melainkan karena kelalaian kita yang sering terjadi.

Dimana kita sering terlupa merubah setingan koneksi dari pilihan koneksi untuk charging atau koneksi untuk transfer file (MTP).

Apabila kita terlupa merubah setingan ke transfer file maka otomatis Laptop atau PC kita tidak akan membaca atau hanya sekedar terdeteksi sebagai drive namun tidak terbaca isi filenya dikarenakan berstatus charging atau mengecas.

Solusinya yaitu memastikan koneksi yang kita pilih benar - benar sudah dalam posisi mode tranfer data.

6. Install Driver Yang Kompatibel

Biasanya dari driver bawaan laptop sudah terinstall dengan baik namun koneksi tetap tidak mau terbaca bisa jadi karena driver bawaan tidak kompatibel dengan merek hp tertentu.

Solusinya bisa dengan mendownload driver yang kompatibel sesuai dengan merek hp tersebut, biasanya pabrikan hp sudah menyertakan diver yang kompatibel untuk masing - masing merek hp milik mereka. 

7. Update Windows

Langkah terakhir ini dilakukan apabila langkah - langkah diatas tak kunjung membuahkan hasil apa - apa, bisa jadi dikarenakan OS windows kita yang sedang cacat atau rusak.

Bisa jadi dikarenakan sistem - sitem pada windows kita digerogoti oleh virus bisa jadi karena gagal sistem dll.

Hal yang bisa kita lakukan yakni dengan mengupdate atau meng install ulang windows kita, namun admin menyarankan untuk melakukan proses install ualng windows.

Namun apabila langkah terakhir sudah kita lakukan namun tak kunjung membuahkan hasil, jalan satu - satunya yaitu dibawa ke tukang service.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat, terimakasih sudah membaca, dan selamat mencoba. :)

Baca Juga : Cara Cek / Cara Mengetahui Spesifikasi Laptop / PC Dengan Mudah

0 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama