METRO4D Togel Online

CIRI - CIRI BROWSER TERJANGKIT VIRUS

 


Bicara tentang browser, merupakan aplikasi pencarian yang paling banyak digunakan selama ini, dengan aplikasi browser kita bisa mengakses situs - situs web kesukaan kita, seperti situs berita, situ pemutar musik atau video online sampai berkirim pesan melalui aplikasi web.


Dikarenakan kepopulerannya browser seringkali menjadi sasaran penyebaran virus oleh orang - orang yang hanya tidak bertanggung jawab, hanya sekedar iseng, bahkan terkadang mengambil keuntungan dari tindakan tersebut.


Cara mereka menyebarkan virus pun bermacam - macam, misalnya seperti menyematkan file ekstensi mata - mata dan semacamnya. Virus itu sendiri biasanya berasal dari file yang yang telah kita download sembarangan melalui wistus web yang tidak bertanggung jawab. misalnya seperti software bajakan, instalasi game, aplikasi crack dll.


Berikut ini adalah cara bagaimana mengetahui ciri - ciri browser kita telah terjangkit virus, bisa terjadi pada beberapa aplikasi pencarian seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Safari dan masih banyak yang lainnya. 


Ciri - Ciri Web Browser Terjangkit Virus


1. Sering Muncul Tab atau Jendela Baru Dengan Sendiri


/2-viruses.com


Pada saat kita sedang asyik browsing terkadang browser yang kita pakai secara tiba - tiba membuka tab baru dengan sendirinya tanpa kita ketahui apa penyebabnya. Hal ini terjadi bisa jadi merupakan sebuah indikasi bahwa browser kita sedang terjangkit oleh virus.


Ada cara untuk mengantisipasi hal ini terjadi yakni dengan memasang antivirus di perangkat pc atau lapotp kita, yang juga bertugas mengamankan jalannya browsing kita, dari dulu admin menggunakan NOD bahkan sampai sekarang.


Sebisa mungkin menghindari mengunjungi situs - situs berbahaya yang terkadang diharuskan untuk menggunakan VPN agar bisa mengaksesnya.


2- Halaman Home Page  Berganti Dengan Sendiri


/techradar.com

Home Page atau bisa diartikan sebagai halaman depan suatu aplikasi web browser. Setiap aplikasi browser seperti G.Chrome, Safari, Brave dan Firefox memiliki home pagenya masing - masing.

Google Chrome misalnya, yang mana halaman awalnya bisa secara otomatis pasti menampilkan kolom pencarian Google. Sedangkan pada aplikasi Safari, halaman awalnya menampilkan deretan web yang paling sering kita kunjungi, kurang lebih seperti itu.


Jadi apabila halaman awalnya tiba2 berganti kita pasti menyadari namun kita belum memahaminya, jika kita tidak merasa pernah mengutak atik Home Page berarti bisa jadi itu karena ulah dari virus.


Indikasi lainnya biasanya halaman depan kita akan secara otomatis diarahkan ke sebuah situs web tertentu dikarenakan si pembuat virus itu sendiri yang menginginkan keuntungan dari hal ini.


3. Proses Browsing Menjadi Sangat Lambat


/blog.mozilla.org

Terkadang kita mendapati waktu loading untuk membuka sebuah web bisa sangat lama sekali, terkadang hal ini dikarenakan berbagai sebab diantaranya yaitu :

- Kecepatan internet kita yang memang sedang lambat, baik dari besar kecepatan, atau memang sedang terjadi gangguan, karena kecepatan dan kestabilan internet kita sangat mempengaruhi kecepatan kita dalam mengakses sebuah halaman web.

- Banyaknya script yang digunakan oleh situs web yang kita kunjungi tersebut. penggunaan Script oleh situs yang terlalu banyak, sedikit banyak mempengaruhi ketika seseorang mengakses web tersebut, dampaknya proses loading menjadi sangat lama.

- Jumlah tab halaman yang terlalu banyak bisa jadi mempengaruhi kecepatan ketika kita akan mengakses sebuah situs web.


Lalu, apa yang terjadi jika situs yang kita kunjungi sebenarnya sabngatlah ringan, tab yg terbuka juga tidak banyak, sedng koneksi inetnet kita pun cepat dan stabil namun situs yg kita akses tetap sangat lambat untuk dibuka?


Kemungkinan hal itu terjadi dikarnakan aplikasi web browser tersebut yang memang sudah terjangkiti oleh virus yang membuat aplikasi tersebut tidak bisa bekerja dengan normal.  


4. Berulangkali Muncul Iklan Yang Sama di Semua Situs


Munculnya iklan pada situs - situs tertentu merupakan hal yang wajar, yang mana keuntungan tersebut digunakan oleh webmaster untuk membayar sewa sebuah domain, server, penulis dll.


Namun akan menjadi tidak wajar apabila semua iklan yang mucncul di setiap web yang kita buka sama persis dengan iklan - iklan sebelumnya.

Hal itu dimungkinkan, iklan tersebut bukanlah dari situs web tersebut melainkan iklan virus yang sudah menjangkiti aplikasi browser kita, dengan cara menampilkan iklan pada web manapun untuk meraup keuntungan pemilik virus.


5. Trepasangnya Ekstensi Yang Tidak Kita Ketahui


/forguides.com

Ekstensi pada sebuah aplikasi browser biasanya sangat membantu kita untuk mendapatkan fitur khusus lainnya yang kita butuhkan. Seperti Google Chrome dan Firefox merupakan dua browser dengan dukungan ekstensi yang cukup banyak.


Yang mana keduanya memiliki pasar ekstensi masing - masing, disana kita bisa menentukan dan menginstall file ekstensi yang kita buutuhkan.


Nah ciri selanjutnya browser kita terjangkit virus yakni munculnya file - file ekstensi yang tidak kita kenali dan terinstall di aplikasi web browser kita, itu salah satu tanda bahwa browser kita sudah terjangkit virus.


Apabila kita menemukan file ekstensi terinstal yang tidak kita ketahui, segera lepas ekstensi tersebut supaya tidak mengundang virus - virus yang lain.


Itulah tadi beberapa ciri - ciri aplikasi browser kita sedang terjangkit virus, semoga bermanfaat, sekian terimakasih.(*)


0 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama