METRO4D Togel Online

Ciri - Ciri Processor Laptop Atau PC Rusak & Cara Mencegahnya

 

Perlu kita ketahui bahwasanya Processor merupakan komponen terpenting atau inti dalam sebuah komputer, bisa diibaratkan otak dalam komputer itu sendiri.


Apabila sebuah processor tersebut mengalami kerusakan maka bisa dipastikan, kinerja komputer tidak akan bisa berjalan dengan optimal, bahkan bisa jadi tidak bisa bekerja dan digunakan sama sekali.


Oleh karenanya penting bagi kita untuk mengetahui ciri - ciri sebuah Processor yg sedang atau sudah mengalami kerusakan, lalu apa saja ciri - ciri Processor rusak berikut ulasannya :


#1. Layar Monitor Tidak Menyala


Layar monitor yang tidak mau menyala sama sekali atau yang biasanya kondisi tersebut disebut dengan istilah BlankScreen, apabila laptop atau pc anda dirumah mengalami hal demikian bisa jadi processor anda sedang mengalami kerusakan.


Namun gejala diatas bisa juga disebabkan karena rusaknya komponen lain seperti misalnya VGA, RAM, atau bahkan kabel VGA pada PC atau kabel fleksibel pada laptop yang belum tertancap dengan sempurna.


Oleh karenanya alangkah baiknya apabil kita mengecek komponen satu persatu terlebih dahulu sebelum menyimpulkan kerusakan pada processor kita.


#2. PC atau Laptop Sering Restart Atau Mati Sendiri


Ketika kita menghidupkan PC atau laptop kita tanpa kita ketahui tiba - tiba seketika mati sendiri, atau tiba - tiba melakukan restart otomatis yang terus menerus.


Hal ini bisa juga dikarenakan karena kondisi arus listrik yang tidak stabil dikarenakan power supply yang bermsalah, atau pasta pada processor habis.


namun jika power supply kita dalam kondisi yang baik - baik saja, pasta processor pun masih cukup banyak, bisa jadi itu dikarenakan memang processor kita sedang mengalami masalah kerusakan.


#3. Laptop / PC Mengalami Panas Berlebih


Mungkin anda pernah mengalami saat dimana laptop tiba - tiba mengalami panas yang berlebih. Hal ini pun bisa jadi indikasi bahwa processor sedang mengalami kerusakan.


Namun terkadang hal ini bisa juga dikarenakan fungsi kipas pendingin pada laptop atau pc yang tidak bisa bekerja secara maksimal dikarenakan kotoran yang menumpuk, atau memang kipas pendingin yang memang dalam kondisi mati. 



#4. Terjadi Kerusakan Fisik Processor


Langkah yang satu ini tak kalah penting juga, yaitu dengan cara langsung mengecek kondisi fisik pada processor tersebut, namun mungkin hal ini sedikit lebih rumit dikarenakan secara tidak langsung kita harus membongkar pc atau laptop kita untuk mengetahui kondisi fisik processor kita.


Ciri - ciri kondisi fisik processor yang mengalami kerusakan yakni :

  • Terdapat bagian yang hangus pada komponen processor dikarenakan overheat.
  • Jumper pin pada processor yang patah.
  • sambungan listrik yang terputus. 

Jika ciri - ciri diatas terjadi pada processor anda, maka langkah baiknya segera diganti atau diperbaiki, namun saran adamin jika sudah terjadi gosong pada beberapa bagian processor alangkah baiknya segera diganti yang baru.


Baca : CIRI - CIRI BROWSER TERJANGKIT VIRUS


#5. Gagal Membuka Program


Kegagalan Laptop atau PC dalam menjalankan beberapa program tertentu seperti program perdesainan arau program seputar game dengan grafis yang tinggi bisa juga menjadi ciri - ciri rusaknya processor.


Hal ini dikarenakan sudah menurunnya atau ketidak mampuan dari processor mengelola kalkulasi data yang besar menjadikan komputer tak mampu melakukan perintah tersebut.


Namun hal ini pun bisa juga dikarenakan Memory RAM atau VGA yang kurang mumpuni atau juga sedang mengalami kerusakan salah satunya.


#6. Bunyi Suara Beep


Suara beep biasanya terdengar pada perangkat pc dengan jenis BIOS tertentu, hal ini mendakan suara tersebut telah memberi sinyal akan adanya kerusakan pada beberapa komponen pada komputer seperti processor, sistim operasi, memory RAM, PSU, HDD, dan PSU.


Langkah Pencegahan 


  1. Usahakan menghindari penempatan perangkat PC di tempat yang rawan debu, dan sulit dijangkau.
  2. Membersihkan Motherboard secara berkala seminggu sekali atau 2 minggu sekali bisa mengunakan kuas, kain, penyedot debu.
  3. Sesuaikan spesifikasi antara besar RAM, VGA, dengan jenis processor yang digunakan.
  4. Gunakan Power Supply yang bagus dengan arus listrik yang stabil.
  5. Sering - Sering cek pasta processor pada pc.
  6. Hindari melakukan OverClocking atau menambah kecepatan komputer dengan mengotak atik registri.
  7. Menambahkan kipas pendingin agar suhu di dalam komputer tetap stabil. 

Sekian ulasan mengenai Ciri - Ciri Processor Laptop Atau PC Rusak & Cara Mencegahnya  terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat.!

Baca Juga : Ciri - Ciri Laptop Terjangkit Virus


0 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama