Penyebab Laptop Tidak Bisa Konek Wifi Dan Cara Mengatasinya

 


Pada umumnya wifi merupakan salah satu komponen wajib yang harus ada pada sebuah laptop, hal ini dikarenakan erat hubungannya antara keduanya, yakni misalnya bagi mahasiswa atau pekerja yang harus melakukan pekerjaan mereka menggunakan laptop dan harus standby terkonek dengan internet melalui wifi.


Hal ini akan menjadi bermasalah apabila wifi pada laptop tersebut mengalami masalah sehingga tidak bisa terhubung ke internet, maka bisa dipastikan pekerjaan kantor maupun tugas dari kampus menjadi tertunda.


Ternyata, ada beberapa hal yang menyebabkan laptop tidak bisa terhubung dengan WIFI. Hal tersebut bisa disebabkan oleh hal-hal sepele, seperti adapter wifi yang lupa untuk diaktifkan.


Berikut ini adalah beberapa ulasan mengapa laptop tidak bisa konek wifi dan bagaimana cara mengatasinya.


#1. Adapter Wifi Belum Dihidupkan


Biasa hal sepele ini sering kali terjadi, dikarenakan mungkin disaat kita terburu-buru atau memang si pemilik laptop belum tahu sama sekali cara mengetahui bahwa wifi sudah di hidupkan apa belum.



Solusinya yakni tentu saja dengan mengecek adaptor wifi pada laptop yang terletak di sebelah kanan pojok bawah, apabila ada tanda silang (x) pada logo wifi, itu menandakan bahwa adapter wifi belum menyala, coba anda klik ikon wifi tersebut lalu klik tombol adaptor wifi di samping tombol Airplane Mode.



Apabila adaptor sudah dihidupkan maka tanda silang (x) berwarna merah tadi akan hialng sendirinya, dan laptop siap dikoneksikan ke internet melalui wifi.

#2. Driver Wifi Belum Terinstall Pada Laptop

Penyebab lain laptop tidak bisa konek ke wifi yakni belum terinstallnya driver jaringan LAN, atau Wifi pada laptop tersebut. 

Solusinya yakni di segera di install driver tersebut bisa menggunakan CD driver bawaan laptop, atau kalau misal CD Drivernya tidak ketemu atau memang tidak ada, anda bisa mendownloadnya melalui internet.

Usahakan jika anda mendownload driver di situs resmi vendor dari laptop tersebut, kalau laptop belum bisa konek ke wifi anda bisa mendownload menggunakan media lain untuk sementara waktu, bisa dari handphone, atau dari PC.

#3. Driver Terlalu Lama/Kadaluarsa

Penyebab laptop tidak bisa konek wifi selanjutnya yakni bisa jadi disebabkan software yang sudah kadaluarsa, dan minta pembaharuan.

Solusinya yaitu dengan mengupdate driver tersebut melalui Computer Management, caranya masuk ke windows explorer klik kanan pada This PC lalu pilih Manage.


Setelah masuk ke laman Computer Management, lalu pilih Device Manager - Network Adapter - klik kanan pada driver wifi, kemudian pilih Update Driver Software, ikuti langkah sela


Kemudian anda akan diarahkan ke laman pilihan antara update otomatis, atau manual dikarnakan laptop belum bisa online maka jalan satu satunya yakni pilih instalasi secara manual dengan syarat driver untuk update sudah di download terlebih dahulu melalui perangkat lain.



#4. Pengaturan Network Yang Kurang Tepat

Pengaturan Network sangatlah penting dalam sebuah jaringan, termasuk juga dengan pengaturan tentang pengalamatan ip, apabila dalam pengaturan ip salah bisa jadi penyebab laptop anda tidak bisa diterima masuk sebuah jaringan.

Solusinya yakni setting yang benar mengenai pengalamatan ip sesuai dengan jaringan yang akan kita koneksikan, ada dua opsi untuk pengaturan IP ini yakni dengan cara manual, atau dengan cara DHCP atau kita ikut pengalamatan ip sacara otomatis sesuai pengaturan modem.

Baca Juga : Cara Mengatasi Kabel USB Tidak Terdeteksi Di Laptop & Android "USB Device Not Recognized"


Terkadang cara yang kedua ini yang paling sering digunakan dan aman dikarenakan user tak perlu repot-repot mengatur ip untuk laptop mereka.

Langkah-langkah seting Network yakni, klik kanan pada ikon wifi sebelah pojok kanan bawah - pilih Open Network and Sharing Center, lebih mudahnya simak gambar berikut :

1.

2.

3.

4.

5.

pada gambar nomor 5 diatas yang ber tanda merah adalah pengalamatan ip secara otomatias yang sering digunakan oleh user wifi pada umumnya, hal ini dikarenakan pengaturan yang mudah dan lebih cepat terkoneksinya.

Sekian dulu pembahasan mengenai penyebab Laptop Tidak Bisa Konek Wifi, jika ada pertanyaan silahkan komen dibawah, semoga bermanfaat.

Baca Juga : BerandaEdukasi Ciri - Ciri Processor Laptop Atau PC Rusak & Cara Mencegahnya

0 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama