Sosok Tino Sidin, Yang Jadi Ikon Mesin Pencari Google Doodle




Pada hari ini Google pencarian menampilkan gambar animasi bergerak dengan wajah Kartun Tino Sidin di Google Doodle.


Dalam Doodle yang dipajang Rabu, 25 November 2020 ini, tampak seorang pria dengan topi lukis sedang berada didalam televisi sembari membawa sebuah pena warna merah.


Disampingnya ada 5 orang anak kecil tengah belajar melukis di sebuah kertas putih. Pada kertas tersebut tersusun beberapa huruf Alphabet yang membentuk sebuah tulisan Google.



Ya, sosok itulah Tino Sidin, seorang pelukis dan guru menggambar yang terkenal berkat tayangan Gemar Menggambar di saluran TVRI di masa Orde Baru, tepatnya pada 1978-1989.


Lewat tayangan ini, pak Tino mengajari anak-anak cara menggambar dan mengembangkan bakat kreatif mereka.


Kalimat khas dari Tino Sidin ketika mengajar menggambar yaitu, "Bagus, Bagus, Bagus." Itulah alasan mengapa Google menyertakan kalimat 'Bagus' dalam Google Doodle yang tayang hari ini.



Bukan Tanpa alasan Google memilih Tino Sidin sebagai objek ilustrasi Google hari ini. Sebab pada hari yang sama, 95 tahun lalu, Tino Sidin lahir di Tebing Tinggi, Sumatra Utara.


Hal terpenting saat menggambar adalah kebebasan, bukan bakat ataupun alat, begitulah pandangan dari Tino Sidin.


Dilansir dari liputan6.com Tino Sidin pertama kali mulai mengajar di kampung halamannya di usia sekitar 20 tahunan. Kemudian, pada 160, ia melakukan perjalanan ke Yogyakarta untuk menghadiri perintisan Akademi Seni Indonesia (kini Institut Seni Indonesia/ISI).


Kemudian, pada tahun 1969, tayangan Gemar Menggambar pertama kali ditayangkan di stasiun TV lokal TVRI Yogyakarta. Dikarenakan popularitasnya, Gemar Menggambar yang diasuh oleh pak Tino mulai ditayangkan secara Nasional.


Selain mengisi acara di TVRI, Tino Sidin juga pernah melahirkan buku Gambar Menggambar serta berbagai karya untuk mendorong anak-anak untuk berani dan bersemangat menggambar, seperti Membalas Jasa dan Menggambar Dekoratif  serta Bawang Merah-Bawang Putih : Ibu Pertwi.


Baca Juga : Tertipu, Beli PS5 Malah Dapat Beras Dan Makanan Kucing

0 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama