METRO4D Togel Online

Wajib Tau, Urus Pajak Bemotor Gratis! Buruan Ini Cara Dan Persyaratannya

 


Program pemutihan pajak kendaraan bermotor telah dibuka kembali di 14 provinsi di Indonesia. Ke 14 provinsi tersebut tersebar dari Pulau Jawa, Sumatera, Bali, Sulawesi, hingga Papua.


Adapun bagi anda yang ingin mengurusnya, ada beberapa syarat pemutihan pajak kendaraan bermotor yang perlu anda persiapkan terlebih dahulu.


Berikut ini 3 syarat untuk mengurus pemutihan pajak kendaraan bermotor :


Untuk pembayaran BPKB (Pajak Kendaraan Bermotor)

    1- KTP sesuai nama STNK

    2- Siapkan surat atau dokumen yang diperlukan STNK asli.

    3- Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB).


Apabila semua sudah lengkap dipersiapkan, silahkan anda menuju ke samsat. Sementara untuk BBNKB (Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor) ada beberapa syarat yaitu :


1- Siapkan Dokumen - Dokumen 


  • STNK asli dan foto copy.
  • KTP pemilik baru, asli dan foto copy.
  • BPKB asli dan foto copy.
  • Kwitansi pembelian motor yang ditanda tangani di atas materai

2- Pergi Ke Kantor Samsat.


Pemohon datang langsung ke kantor samsat membawa berkas persyaratan yakni bahwa KTP asli dan foto copy, STNK asli dan foto copy, dan BPKB foto copy.

Kemudian ketiga fotocopy dokumen tersebut dimasukan kedalam map, sedangkan BPKB asli dan kwitansi pembelian juga dimasukkan kedalam map yang terpisah.


Apabila proses balik nama berbeda wilayah maka pemohon wajib melakukan proses cabut berkas terlebih dahulu.


3- Melakukan Cek Fisik


Untuk selanjutnya kendaraan yang ingin dibalik nama harus dibawa ke tempat cek fisik.


Jika sudah selesai, anda akan diberikan lembaran hasil dari cek fisik (gesek nomor rangka dan nomor mesin kendaraan) untuk diserahkan bersama dengan berkas kelengkapan yang sudah anda persiapkan ke loket pengesahan cek fisik khusus balik nama (tukar nama)


Kemudian setelah divalidasi, hasil pengesahan cek fisik dan berkas akan kembali diserahkan kepada anda. Hasil cek fisik dan kwitansi pembelian agar di foto copy dan disimpan untuk melakukan pengurusan balik nama BPKB di Polda setelah STNK selesai dibalik nama di Samsat.


4- Daftar Balik Nama


Daftar balik nama dilakukan di loket pendaftaran balik nama yang terletak di dalam gedung samsat.


Berkas yang harus disiapkan untuk pendaftan ini yakni STNK asli dan foto copy, KTP asli dan foto copy, BPKB asli dan foto copy, hasil cek fisik yang telah di validasi, dan kwitansi pembelian motor yang telah ditanda tangani diatas materai Rp 6.000.


Setelah menunjukan berkas dan diperiksa kelengkapannya, anda akan diberi formulir untuk diisi. Kemudian diserahkan kembali ke petugas di loket lain beserta berkas kelengkapan lannya.


Anda tinggal menunggu untuk dipanggil, setelah dipanggil anda akan diberikan tanda terima bahwa berkas sedang diproses. Disini BPKB dan KTP asi akan dikembalikan. Biasanya kamu bisa kembali lagi sekitar 2 hingga 5 hari. 


5- Ambil Notice dan Bayar Pajak


Jika sudah waktunya mengambil, anda datang lagi ke Kantor Samsat, dengan membawa lembaran tanda terima dan BPKB asli.


Berikan tanda terima ke loket pendaftaran balik nama, foto copy kwitansi pembelian dan hasil pemeriksaan cek fisik kepada petugas, serta tunjukan BPKB asli jika diminta. Kemudian dokumen itu akn dimasukan kedalam satu map.

Anda akan diberikan notice pajak yang mencantumkan perincian dan jumlah pajak yang harus dibayarkan. Langkah selanjutnya yakni melakukan pembayaran ke loket pembayaran. 


6- Pengambilan STNK


Setelah anda membayar pajak, tinggal menunggu dipanggil untuk mengambil STNK yang telah selesai diganti namanya (dibalik nama) menjadi nama anda.


Progam Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor


Program pemutihan ataupun keringanan pembayaran pajak kendaraan bermotor ini tentu ini akan sangat membantu meringankan beban masyarakat. Terlebih di tengah situasi perekonomian yang telah lesu akibat pandemi saat ini.


Berikut daftar 14 provinsi yang membuka program pemutihan pajak bermotor :


  1. Jawa Barat
  2. Jawa Timur
  3. Jawa Tengah
  4. Daerah Istimewa Yogyakarta  (DIY)
  5. Bali
  6. Bengkulu
  7. Sumatera Barat
  8. Aceh
  9. Sumatera Utara
  10. Riau
  11. Sulawesi Selatan
  12. Sulawesi Utara
  13. Sulawesi Tenggara
  14. Papua Barat


Ke 14 provinsi diatas tentunya mempunyai kebijakan masing - masing mengenai tanggal diterapkannya pemutihan itu.



sumber ]

0 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama